Minggu, 31 Maret 2019

Cara Membuat Cutting Wheel


MESIN CUTTING WHEEL

Keterangan :
  1. Cut Off Machine ( Mesin Potong ) dan Pisau Potongnya.
  2. Spanner ( Pengunci pisau potong )
  3. Brush Cap / Carbon Brush
  4. Kartu Garansi dan Buku Petunjuk Pengoperasian / Penggunaan.

PETUNJUK PENGGUNAAN :

Keterangan :
·  
       Gambar pertama adalah lokasi Self Blocking Pin yaitu pin pengunci pisau potong. Gunanya adalah untuk menahan pisau potong agar tidak bergerak saat pisau potong dipasang pada flange dan dikencangkan, sehingga pisau potong dapat terpasang dengan benar.

·         Gambar kedua adalah cara mengencangkan pisau potong saat dipasangkan pada flange, yaitu dengan menekan self blocking pin dan mengencang baut pada flange pisau potong dengan menggunakan spanner.


Keterangan :
·         Gambar ketiga adalah cara memasang objek potong pada Clamp Sheet ( penjepit objek potong ), yaitu jepitkan objek potong pada clamp sheet dan kunci dengan pemutar skrup yang ada dibagian belakang agar objek potong tidak bergerak.

·         Gambar keempat adalah lokasi tombol pengunci / locking button ( 1 ) dan lokasi tombol start engine / switch trigger ( 2 ).



Keterangan :
     Gambar kelima adalah lokasi pengaturan sudut potong pada clamp sheet / penjepit objek potong. Untuk mengatur sudut yang anda inginkan, gunakan spanner yang ada untuk mengendurkan penguncinya dan arahkan clamp sheet sesuai sudut yang anda inginkan.

·         Gambar keenam adalah gambar clamp sheet dengan objek potong yang sudah diatur sudut potongnya. Jangan lupa untuk mengencangkan kembali clamp sheet dan skrup pengencang dibagian belakang agar objek benar-benar terkunci dengan baik.


Keterangan :
     Gambar ketujuh adalah cara memotong objek potong, yaitu dengan menekan tombol trigger dan dekatkan pisau potongnya perlahan pada objek potong sampai objek terpotong.


PETUNJUK KESELAMATAN >>

1.     Sebelum memasang atau melepaskan batu potong, pastikan mesin mati. Kecepatan linear semua batu potong harus kurang dari 80m/s. diameter batu potong kurang dari 355mm. Kunci pas dapat dilepaskan jika perlu. Pastikan mengencangkan baut. Jika tidak kencang, dapat menyebabkan kecelakaan. Gunakan kunci pas yang tersedia untuk mengencangkan baut.
2. Jarak yang tepat adalah 0-170mm (0-6 11/16inch) antara plate penjepit dan graduation plate.
3. Ketika memotong objek yang panjang, letakkan dua alas yang tidak mudah terbakar di bawah kedua ujungnya dan membuat objek tetap berada pada tempatnya. Pastikan dasar dua alas tersebut sejajar dengan dasar plate.
4.  Pegang handle dengan perlahan, hidupkan mesin sampai batu potong mencapai kecepatan putaran yang cukup dan kemudian tekan batu potong perlahan. Ketika batu potong menyentuh objek, tekan pegangan, aplikasikan pemotongan objek. Ketika pemotongan selesai, matikan mesin sampai batu potong berhenti berputar dan kemudian angkat pegangan agak tinggi.
5.   Ketika mesin menimbulkan percikan atau tidak berputar, jika carbon brush aus dan kurang dari 5mm, gantilah. Jagalah kebersihan dan biarkan berputar dengan bebas. Gantilah dua sikat pada saat bersamaan. Gunakan obeng untuk mengencangkan pegangan sikat, keluarkan carbon brush dan masukkan yang baru dan kemudian kencangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menggunakan Mesin Shearing

MESIN SHEARING Apa Itu Shearing?  Shearing merupakan proses pemotongan bahan material logam pelat be...